Motivasihijrahmuslim.com - Donny Kesuma, seorang ayah dari tiga anak laki-laki dari pernikahannya dengan Yuni Indriyati, meninggal dunia di Rumah Sakit Primaya, Bekasi, Jawa Barat. Sebelum meninggal, Donny dirawat intensif hingga akhir hayatnya di ruang ICCU setelah sengaja ditidurkan dengan obat bius.

Ghassaan Kesuma, salah satu anak Donny, memberikan penjelasan kepada media terkait pesan terakhir sang ayah pada Selasa (19/3/2024). Ghassaan mengungkapkan bahwa Donny berharap anak-anaknya sukses dan mampu meneruskan jejaknya. Meski tidak secara langsung mengungkapkan keinginannya itu kepada Ghassaan, Donny berharap agar anak-anaknya menjaga nama baik keluarga.

Menurut Ghassaan, tidak ada firasat apa pun sebelum sang ayah meninggal dunia. Dia bersama saudara-saudaranya selalu berusaha untuk berpikir positif.

Di mata anak-anaknya, Donny Kesuma adalah seorang ayah yang sangat perhatian dan pekerja keras yang tidak mengenal lelah. Meskipun bercerai pada 2017 setelah 18 tahun berumah tangga, Donny dan Yuni tetap bersama membesarkan anak-anak mereka. Ghassaan menganggap Donny sebagai orang tua dan teman, dan ia selalu bercerita segala hal kepada sang ayah.

Bahkan saat sakit, Donny Kesuma selalu berusaha agar anak-anak dan keluarganya tidak khawatir berlebihan. Ia selalu melakukan berbagai hal untuk menjaga perasaan mereka, termasuk selalu bercanda agar mood keluarga tetap ceria.

"Sering banget (bercanda). Bahkan saat dirawat di rumah sakit sebelumnya, selalu bercanda. Agar terjaga mood kita tetap happy, nggak yang 'Aduh Papa kenapa?' dibalas sama Papa dengan bercanda," ungkap Ghassaan.