Motivasi hijrah muslim - Bonus untuk kontingen Indonesia yang memenangkan medali Sea Games membuat sejumlah atlet tetangga terkejut. Bahkan, mereka tergoda untuk membela Indonesia.

Ini mengacu pada hadiah uang yang diberikan oleh pemerintah Indonesia untuk atlet yang luar biasa di Sea Games 2019 di Filipina. Peraih medali untuk jumlah individu memiliki sejumlah besar uang.

Pada saat itu, peraih medali emas menerima RP. 500 juta. Peraih medali perak dihargai dengan RP. 300 juta sementara pemenang perunggu menerima RP. 150 juta.

Nah, bagaimana dengan peraih medali di 2021 Sea Games di Vietnam? Pemerintah belum menentukan jumlah bonus, tetapi apa yang dilakukan tiga tahun lalu bisa menjadi referensi.

Masalah jumlah bonus atlet Indonesia membuat atlet negara tetangga terkejut. Demikian menurut Laporan Kantor Berita Antara, yang telah berbicara dengan sejumlah atlet Asia Tenggara di 2021 Sea Games.

Mereka memberikan reaksi yang sama ketika mereka mengetahui bonus yang diterima oleh atlet Indonesia di Sea Games 2019.

"Wow, mereka bisa segera menjadi jutawan!" Kata atlet Taekwondo Malaysia, Jason Loo Jun Wei.

Pernyataan ini tidak berlebihan karena bonus yang diterimanya sangat jauh dibandingkan dengan atlet Indonesia. Jason Loo, Medali Emas Taekwondo dalam kategori Dual Poomsae Dual Games 2019 hanya menerima 20.000 ringgit Malaysia (sekitar Rp. 66 juta).

Nominal yang tidak jauh berbeda yang diterima oleh atlet Filipina, Jeordan Dominguez. Peraih medali emas dalam kategori gaya bebas Poomsae hanya menerima bonus 300.000 peso (sekitar Rp. 83 juta).

"Wow, banyak. Lalu aku juga ingin menjadi atlet Indonesia," kata Dominguez.

Taekwondoin Vietnam, Nguyen Dinh Khoi, juga mengungkapkan bonus yang diterima.

Dia mengatakan, pemerintah Vietnam memerah bonus 30 juta dong Vietnam (sekitar 18 juta) untuk pemenang emas, 20 juta (sekitar Rp 12 juta) untuk perak dan 10 juta (rp. 6 juta) untuk perunggu.

Untuk Sea Games 2021, Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia Zainudin Amali, telah memastikan bahwa peraih medali akan mendapatkan bonus dari pemerintah.

Namun, ia belum dapat menyebutkan bonus nominal yang akan diterima oleh para atlet atau kontributor olahraga untuk medali di game multi -pertengahan Asia Tenggara.

Indonesia berada di peringkat ketiga di Vietnam 2021 Sea Games. Tim merah-putih kembali membawa 69 potong medali emas, 91 perak dan 81 perunggu.

Juara keseluruhan dari 2021 Sea Games adalah Vietnam sebagai tuan rumah dengan 205 emas, 125 perak dan 116 perunggu. Thailand berada di urutan kedua (92 emas, 103 perak, 136 perunggu).