Motivasi hijrah muslim - Podcast Denny Sumargo dengan Ridwan Kamil kembali viral. Ini terjadi setelah putra tertua Ridwan Kamil, Emmiril Khan Mumtadz dinyatakan hilang di Sungai Aare, Swiss.

Dalam podcast yang ditayangkan pada 9 September 2021, Denny Sumargo bertanya siapa Ridwan Kamil yang akan memilih antara istri dan anaknya.

"Jika Anda dapat memilih satu, pilih anak -anak atau istri di usia tua?" tanya Denny Sumargo.

Tanpa berpikir, Ridwan Kamil segera menjawab. Kali ini, dia memilih istrinya, Atalia Praratya.

"Pilih seorang istri," jawab Ridwan Kamil dengan kuat.

Dia kemudian mengungkapkan alasannya. Menurutnya, anak itu hanya titipan Tuhan.

"Karena anak itu hanya dititipkan oleh Tuhan kepada kita. Pada saatnya nanti, anak akan dipisahkan dari kita untuk melanjutkan nasibnya sendiri, pada saat moment itu istri kita kan ikut," kata Ridwan Kamil.

"Kalau kita ditakdirkan sampai tua, akan berakhir di kematian kita. Sebagai manusia yang butuh perhatian, saya butuh istri saya sampai akhir hayat," imbuhnya lagi." tambahnya lagi.

Video ini kembali ramai penuh dikomentari oleh netizen. Mereka menyoroti kata -kata Gubernur Jawa Barat tersebut.

"Ekspektasi manusia dengan skenario Tuhan itu tidak sama," tulis netizen.

"Pilih istri atau anak. Rk menjawab "Istri" karena anak adalah titipan. Semoga Ananda putra sulung nya kang RK segera ditemukan dalam keadaan baik dan sehat. Aamiin," tambah lainnya.

"Kejadian lagi ya Allah. Semoga Pak Ridwan Kamil tetap meyakini bahwa anak adalah titipan Tuhan, semoga Emir ditemukan dalam keadaan selamat, Aamiin Aamiin ya Allah," kata netizen lainnya.