Puasa Seharusnya Menumbuhkan Kepekaan Rasa, Kepedulian dan Kasih Sayang di Hatimu

Posting Komentar

Motivasi hijrah muslim - Sebagian hikmah dari berpuasa adalah lahirnya kesadaran untuk bersedekah dan peduli terhadap orang-orang yang kelaparan. 

Saat berpuasa, kita akan merasakan kelaparan. Kondisi ini seharusnya membuat kita berempati kepada orang-orang yang lemah, faqir miskin, yatim piatu atau anak jalanan yang sering dihinggapi perasaan lapar dalam keseharian mereka. 

Maka dari puasa akan terlahir orang-orang yang kembali sadar untuk bersedekah dan berbagi kepedulian. 

Karena biasanya, yang sadar untuk membantu orang lapar adalah mereka yang pernah merasakan lapar. Sebagaimana dikatakan dalam sebuah kitab pada hikmah berpuasa:

وأما تكثير الصدقات ، فلأن الصائم إذا جاع تذكر ما عنده من الجوع ، فحثه ذلك على إطعام الجائع 

Artinya, "Puasa merupakan salah satu penyebab ingin bersedekah. Karena orang yang sedang berpuasa, mereka akan merasakan bagaimana pahitnya kelaparan tersebut, sehingga dapat menyentuh hati mereka untuk memberikan makanan kepada orang yang kelaparan." 

Hal tersebut persis seperti orang yang sedang merindu, dimana yang bisa memahami tentang rindu adalah mereka yang pernah merasakan hal yang sama pula.

Dalam pepatah Arab disebutkan; 

فإنما يرحم العشاق من عشق 

"Yang bisa menyayangi dan memahami seseorang yang sedang merindu adalah mereka-mereka yang pernah tersiksa oleh perasaan rindu."

Itulah mengapa, seharusnya puasa dapat memunculkan perasaan peduli di hati kita terhadap orang-orang yang dalam kesehariannya kadang sering merasakan kelaparan. 

Dengan demikian, moment puasa dapat menjadi kesempatan bagi diri kita untuk memiliki hati yang peduli dan penyayang terhadap sesama manusia yang membutuhkan. 

Barangkali, sudah sejak lama kita lupa, bahwa ternyata di dunia ini, tidak semua orang bisa hidup enak dan nyaman. Di luar sana, ternyata ada banyak orang yang hidupnya serba kekurangan.

Disinilah kita, yang saat ini sedang berpuasa, sudah merasakan bagaimana keadaan tubuh yang sedang kelaparan. Maka marilah, moment puasa ini menjadi sebuah kesempatan tuk menyebarkan kebahagiaan dan senyuman kepada mereka yang dulu hingga sekarang sering merasakan kelaparan, dan kepahitan hidup.

Kisah Nabi Terdahulu yang Tidak Ingin Merasakan Kenyang Karena Takut Melupakan Orang yang Kelaparan

وقد بلغنا أن سليان ، أو يوسف عليها السّلام ، لا يأكل حتى يأكل جميع المتعلقين به ؛ فسئل عن ذلك ، فقال : أخاف أن أشبع فأنسى الجائع

Artinya: Ada satu kisah tentang Nabi Sulaiman atau Nabi Yusuf a.s. yang tidak pernah memakan sesuatu kecuali bersama orang lain disekelilingnya. Lantas ada yang bertanya kepada beliau alasannya, lalu menjawab "Aku takut ketika aku kenyang, lalu aku melupakan orang yang sedang kelaparan."

Demikianlah salah satu hikmah berpuasa yaitu dapat menyentuh hati agar peduli lalu mau berbagi dan bersedekah. 

Semoga kepedulian kamu terhadap orang-orang yang lemah di dunia saat ini, akan berbalas kepedulian Allah untukmu di akhirat nanti, saat kita semua lemah di Padang Mahsyar. Aamiin..

Related Posts

Posting Komentar