Jenazah Ibu Gendong Bayi Ditemukan Tertimbun Abu Lahar Semeru

Motivasihijrahmuslim.com - Gunung Semeru Eruption pada Sabtu (4/12/2021) membuat dusun Curah Kobokan, desa Supitangurang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dilanda Lava.

Dalam dusun tersebut, sukarelawan  menemukan tubuh ibu yang membawa bayi terkubur oleh Gunung Semeru Lava.

"Ketika melakukan penyapuan, sukarelawan menemukan tubuh ibu dan anak yang dikubur oleh Semeru Lava," kata ketua baret Gerakan Pemuda Nasdem Jember David Handoko Seto ketika dihubungi di Lumajang.

Dikutip dari Antara, katanya ada 15 tim baret penyelamatan yang melompat ke lokasi erupsi Gunung Semeru untuk membantu tim Lumajang BPBD mengevakuasi para korban.

"Kami juga menemukan tiga mayat yang masih terjebak dalam truk angkutan pasir yang dikubur oleh Semeru Lava," katanya.

Dia menjelaskan bahwa ia segera berkoordinasi dengan Basarnas dan Lumajang BPBD untuk mengevakuasi tubuh.

"Tim sukarelawan menemukan sekitar tujuh mayat dikubur oleh Semeru Lava dan segera dikoordinasikan dengan Basarnas," katanya.

David mengatakan seluruh rumah warga dengan tanah dimakamkan oleh materi Gunung Semeru Lava, bahkan sukarelawan mengalami kesulitan pergi ke lokasi karena ketebalan abu vulkanik sebagai semeru.

Selain membantu evakuasi para korban letusan Gunung Semeru, tim sukarelawan Baret Jember membantu saluran logistik di pos-pos pengungsi di beberapa titik.

"Kami mendorong orang-orang untuk dapat membantu para korban letusan letusan Gunung Semeru dan mereka yang membutuhkan makanan dan narkoba makanan yang paling siap," katanya.

Berdasarkan data Lumajang BPBD tercatat sebanyak 102 orang menderita cedera dan ratusan penduduk di tiga kecamatan yaitu Kabupaten Candipuro, Pronojiwo, dan Pasirian berlindung karena letusan Gunung Semeru. (Di antara)

0 Komentar