14 Manfaat Menikah yang Perlu Diketahui Demi Kemudahan Membina Keluarga Sakinah

Posting Komentar

Motivasihijrahmuslim.com - Pernikahan merupakan salah satu sisi dari fitrah kehidupan kemanusiaan. Semua manusia mempunyai fitrah untuk berpasangan dalam hidup. Jadi Islam memberi legalitas dalam sebuah jalinan seorang dengan pasangan hidupnya melalui pernikahan.

Ada begitu banyak faedah dan hikmah dari pernikahan. Keseluruhannya mengisyaratkan bahwa menikah bukanlah hanya satu momen umum, tetapi satu momen yang sungguh mengagumkan.

Manfaat Menikah Yang Perlu Diketahui

Berikut kami hadirkan untuk sahabat Motivasi Hijrah Muslim, manfaat dari menikah yang pertlu kita ketahui agar lebih mengetahui hakikat menikah, yang sejatinya bukan hanya sekedar untuk memuaskan hawa nafsu semata.

1. Memperoleh ketenangan hidup.

Satu diantara usaha memperoleh ketenangan hidup yaitu menikah dengan cara sah. Sudah pasti ada usaha lain agar hidup tenang dalam kehidupan, seperti melakukan ibadah dengan cara benar, pergaulan sosial yang sehat, serta lain sebagainya. Tetapi, menikah alan menjadi usaha yang pas dalam membangun ketenangan hidup.

Dalam bahasa agama, kita kerap menyebutnya sebagai keluarga sakinah, mawadah, wa rahmah. Tiga kata yang acap kali diringkas dengan sebutan Keluarga Sakinah.

Kata sakinah ini, datang dari bahasa Arab. Dalam bahasa Arab, kata sakinah memiliki kandungan arti tenang, tenteram, damai, terhormat, aman, nyaman, terasa dilindungi, penuh kasih sayang, serta memperoleh pembelaan. Dengan hal tersebut, keluarga sakinah bermakna keluarga yang semua anggotanya dapat merasakan ketenangan, kedamaian, ketenteraman, perlindungan, keamanan,  kebahagiaan, keberkahan, serta penghargaan. Itu semuanya diperoleh dari penikahan yang barokah.

2. Jadikan hidup lebih berkualitas. 

Manusia mempunyai begitu banyak potensi yang membuatnya menyandang posisi khalifah di muka bumi. Semua potensi itu menjadi bekal untuk satu kehidupan yang berkualitas. Menikah menjadi satu diantara fasilitas penyaluran beragam jenis potensi kemanusiaan yang  membangun kehidupan menjadi lebih berarti.

3. Memperoleh anak keturunan yang sah.

Kemanusiaan akan punah jika tidak ada generasi baru yang lahir dari generasi yang sudah ada lebih dulu. Anak-anak memberi arti yang mendalam dalam kehidupan manusia, bahkan juga kerap digambarkan sebagai harta yang paling bernilai dalam keluarga.

4. Menyalurkan fitrah kemanusiaan dengan cara benar.

Fitrah kemanusiaan senantiasa menuntut penyaluran. Banyak kelompok menyalurkannya dengan cara asal-asalan, tanpa ada norma serta ketentuan. Kemudian muncullah beragam penyakit fisik, psikis ataupun penyakit sosial akibat fitrah yang disalurkan dengan cara asal-asalan. Dengan pernikahan, syahwat serta keperluan biologis tersalurkan dengan cara halal serta benar, bahkan juga memberi pahala serta barokah dalam kehidupan.

5. Memperkuat beribadah.

Manusia membutuhkan rekan untuk melakukan berbagai kesibukan kehidupan, termasuk juga beribadah. Menikah merupakan satu ibadah, serta sesudah hidup berumah tangga bakal memperoleh rekan untuk menggerakkan jiwa untuk  beribadah. Suami, istri serta anak-anak sama-sama memperkuat dalam menggerakkan dalam beribadah, hingga mereka dapat menjadi satu tim yang bekerja sama dan saling mendukung atas kekurangan, menyelesaikannya dengan cara positif untuk memperkuat keutuhan keluarga.

6. Melindungi kehormatan serta kemuliaan diri.

Banyak manusia kehilangan kehormatan serta kemuliaan lantaran terperosok dalam perbuatan dosa serta maksiat. Mereka terjerat dalam pergaulan bebas, mengekspresikan cinta dengan tanpa ada norma, hingga yang nampak hanya eksploitasi syahwat kebinatangan. Dengan pernikahan, manusia dapat melindungi kehormatan serta kemuliaan diri.

7. Menundukkan hawa Nafsu.

Nafsu dapat menyeret manusia menuju lembah kebinasaan serta kenistaan yang riil. Bermacam penyakit menular makin bertambah macamnya serta sebagian tak diperoleh obatnya. Dengan menikah, udara nafsu semakin lebih dapat dijaga serta ditundukkan.

8. Menyalurkan potensi kebapakan serta keibuan. 

Ada potensi kebapakan pada tiap-tiap lelaki, serta ada potensi keibuan pada tiap-tiap wanita. Potensi ini akan tersalurkan dengan maksimal jika manusia melakukan pernikahan serta hidup berumah tangga. Lahirnya anak-anak dari pernikahan akan menjadi fasilitas penyaluran potensi kebapakan serta keibuan.

9. Memperoleh keluarga yang sama-sama melindungi serta membentuk perlindungan. 

Dengan menikah, manusia mempunyai sebuah keluarga . Suami serta istri mempunyai ikatan sakral yang perlu sama-sama melindungi dan saling mendukung. Ditambah dengan lahirnya anak-anak yang akan memperkuat kokohnya ikatan kekeluargaan itu. Bila tidak menikah, seorang akan hidup sendirian sampai saat tua, di mana saat itu akan lebih terasa betapa pentingnya keluarga yang dapat melindungi serta merawatnya.

10. Memperkuat motivasi serta harapan hingga hidup lebih semangat serta bergairah. 

Apakah yang membuat hidup lebih terasa di jiwa? Itu adalah harapan. Keluarga memberi kita harapan untuk keadaan yang semakin baik. Harapan untuk membahagiakan pasangan, harapan untuk hari esok anak-anak, harapan untuk kebahagiaan semua anggota keluarga. Dengan menikah, manusia mempunyai motivasi bekerja serta lebih berprestasi, dan giat, lantaran ingin meraih dan mewujudkan beragam harapan.

11. Mempunyai soulmate yang dapat menjadi tempat sharing dalam suka serta duka. 

Manusia senantiasa membutuhkan hubungan sosial, membutuhkan rekan untuk berbagi cerita hidup. Dengan menikah, seorang akan mempunyai belahan jiwa yang  menjadi tempat menceritakan isi hati, tempat berkeluh kesah, tempat sharing serta menumpahkan beragam perasaan jiwa. Menikah membuat seorang pasangan berkesempatan untuk sharing.

12. Memperoleh kebahagiaan yang utuh. 

Menikah juga menjadikan seorang mempunyai tempat untuk berbagi kebahagiaan. Tidak lengkap kebahagiaan manusia jika tidak mempunyai tempat berbagi cerita. Setinggi apa pun capaian karir, sejumlah apa pun hasil usaha, sehebat apa pun posisi serta jabatan yang dipunyai seorang, pasti akan ada yang kurang jika tidak mempunyai keluarga.

13. Memperoleh keseimbangan dalam kehidupan. 

Hidup menyendiri akan tidak seimbang dalam kehidupan. Manusia membutuhkan keseimbangan dalam menjalani alur kehidupan. Menikah mengakibatkan manusia memperoleh keseimbangan, lantaran ada pasangan yang bakal melengkapi semua potensinya. Ada yang melindungi, ada yang memerhatikan, ada yang mempedulikan, ada yang memberikan nasehat, ada yang memarahi, ada yang mencemburui, lantaran mempunyai pasangan hidup. Semua ini adalah bagian yang indah dalam pernikahan dan keluarga.

14. Memperoleh pahala dari tiap-tiap titik hubungan bersama keluarga. 

Bahkan, pernikahan akan menjadi ladang pahala serta membawa keberkahan yang panjang dari semua hubungan bersama anggota keluarga. Dalam pernikahan begitu banyak kesempatan untuk mengerjakan kebaikan. Ayah yang bekerja, dan istri yang mengurus suami, rumah, dan anak-anaknya, semua ini adalah kegiatan sehari-hari yang sering dilakukan oleh anggota keluarga dengan ikhlas, yang tentunya akan memberikan pahala berlimpah.

Demikianlah sebagian manfaat dari menikah yang perlu kiranya diketahui untuk lebih baik dalam membangun keluarga yang sakinah, yang mana kita akan lebih memaknai sebuah pernikahan yang sangat berarti untuk masa depan kita dan keluarga serta kelanjutan dari generasi kita kelak. Semoga bermanfaat untuk kita semua

Related Posts

Posting Komentar