Motivasihijrahmuslim.com - Dalam rumah tangga, istri dan suami mempunyai kewajiban dan hak masing-masing yang wajib ditunaikan. Tak hanya demi mendapatkan balasan pahala, namun juga agar membentuk rumah tangga yang bahagia.

Kenyataannya, membangun rumah tangga yang indah dan Bahagia pastilah sangat sulit. Tak jarang, berbagai masalah seringkail muncul yang membuat ikatan rumah tangga menjadi retak.

Bagi suami dan istri, tentunya mereka harus mempunyai sifat yang hebat demi menghadapi berbagai masalah.  Apalagi seorang istri yang menjadi jantung rumah tangga, dimana kehebatannya akan sangat mempengaruhi suasana indah dalam rumah tangga yang Sakinah. 

Demi meraih moment Bahagia dalam keluarga, peran seorang istri sangatlah penting. Seorang istri harus mematuhi perintah suaminya, selama tidak melanggar perintah dalam islam.

Nah, kali ini Motivasi Hijrah Muslim akan membahas apa saja yang tidak boleh dilakukan oleh istri kepada suaminya, karena akan mendapatkan dosa besar.

1. Mengeluh pada penghasilan suami

Kewajiban suami adalah mencari nafkah yang halal untuk memenuhi kecukupan rumah tangganya. Mencari nahkah itu sulit. Suami yang bertanggung jawab pasti akan bekerja dengan giat dan gigih. Suami yang mencintai keluarganya, tidak pernah rela jika membiarkan keluarganya dalam kondisi yang tidak berkecukupan. Namun demikian, takdir hidup bukanlah keputusan kita. Apa yang telah kita usahakan semua hasilnya itu berdasarkan yang telah Allah berikan. Maka wajib bagi suami maupun istri untuk mensyukuri apa yang telah Allah berikan.

2. Membangkang terhadap suami (nusyuz)

Didalam rumah tangga sudah menjadi kewajiban seorang istri untuk taat kepada suami. Istri juga harus menuruti perkataan suami baik larangan atau suruhan asal masih tidak menyalahi aturan agama.

Allah berfirman dalam surah an Nisa ayat 34:

“Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar” (QS. An Nisa’: 34).

3. Menolak untuk bergaul dengan suami (hubungan suami istri).

Allah telah menciptakan manusia secara berpasangan. Pasangan pria dan perempuan diikat dalam sebuah pernikahan yang sah sesuai dengan syariat Islam. Dengan demikian, pasangan tersebut sudah halal dan dapat saling melengkapi untuk mempunyai keturunan. Didalam Islam seorang istri yang menolak ajakan suami untuk bergaul, berarti istri tersebut telah membuka pintu laknat dari Allah terhadap dirinya.

Rasulullah saw bersabda: “Apabila laki-laki mengajak istrinya ke tempat tidurnya kemudian ia menolak untuk datang lalu laki-laki itu tidur semalam dalam keadaan marah kepadanya, maka ia dilaknat oleh malaikat hingga subuh.” (HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim).

4. Keluar dari rumah tanpa seizin (sepengetahuan) suami.

Dalam Islam, seorang istri menjadi pendamping suami dimana sudah tugasnya mengurus rumah tangga. Jika istri ingin pergi keluar rumah untuk keperluan apapun, itu harus dengan izin dari suami.

Imam Nawawi berkata:

“Kesimpulannya, pada setiap yang dinamakan safar, maka seorang wanita dilarang keluar kecuali dengan suami atau mahramnya, baik selama tiga hari, dua hari, satu hari, satu mil atau semacamnya, berdasarkan hadits Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- :

( لا تسافر امرأة إلا مع ذي محرم )

“Seorang wanita tidak boleh bepergian kecuali bersam mahram”.

Nah, itulah Sebagian perkara yang tidak boleh diperbuat oleh seorang istri terhadap suaminya. Semoga kita para istri dapat menjadi istri yang sholeha yang dapat mendidik anak-anak kita dan menemani suami kita dengan penuh rasa sabar dan syukur. Aamiin..