Di dalam Islam hukum pernikahan yaitu sunah muakad. Menikah merupakan suatu ikatan lahir maupun batin pada laki-laki dengan wanita sebagai suami istri yang mempunyai target untuk membentuk suatu tempat tinggal tangga yang didasarkan oleh tuntutan Allah SWT.

Dalam al-quran surat Ar-Rum ayat 21 terdapat perintah untuk menikah dimana dalam surat tersebut menyebutkan bahwa kebesaran Allah yang udah menciptakan manusia berpasang-pasangan sehingga hidup jadi tentram dan juga menjadikan rasa kasih sayang.

Makna berasal dari surat tersebut yaitu manusia diciptakan berpasang-pasangan dengan cara menikah. Dengan menikah maka terbangunnya rumah tangga. Rumah tangga yang diimpikan oleh setiap orang yaitu rumah tangga yang bahagia, harmonis, tentram dan pasti saja kita juga inginkan sekali untuk mempunyai keluarga yang sakinah, mawadah dan warahmah.

Jika lebih berasal dari satu orang beranggapan bahwa harmonisnya suatu rumah tangga disebabkan faktor materi maka analisis tersebut pasti saja terlampau salah. Untuk membangun keluarga yang cocok tidak terpengaruh oleh faktor materi.

Kunci utama berasal dari harmonisnya rumah tangga yaitu rasa ikhlas yang dimiliki suami maupun istri untuk saling membahagiakan dengan begitu rumah tangga kita bakal berhubungan secara harmonis.

Selain itu, di dalam Islam masih tersedia banyak cara yang mampu dijalankan untuk mendatangkan rumah tangga jadi harmonis. Berikut ini 10 tips rumah tangga yang sesuai dalam Islam yang mampu Anda lakukan. Simak penjelasannya!

1. Memahami akhlak dan tugas seorang suami

Tips yang pertama yaitu memahami, jelas dan mengamalkan kewajiban suami pada istri dalam Islam. Ada banyak sekali tugas suami dalam membina rumah tangga yang selaras salah satunya yaitu membayar mahar, menggaulinya dengan baik dan memberi tambahan nafkah baik itu makanan, busana maupun tempat tinggal.

Selain itu untuk membangun rumah tangga yang selaras maka sebagai suami jangan sampai berbuat kasar pada istri dan juga tidak boleh pelit dalam menafkahi istri maupun anaknya.

Jika Anda mempunyai istri yang bersikap tidak baik maka hadapilah dengan sabar. Dan hal terutama untuk membangun rumah tangga yang selaras yaitu suami kudu mengajarkan dan juga membimbing istri sehingga selamanya taat kepada Allah SWT. Bahkan dikatakan bahwa orang mukmin yang prima imannya yaitu orang yang mempunyai akhlak yang baik pada istri dan keluarganya.

2. Memahami akhlak dan tugas seorang istri

Untuk membangun rumah tangga yang selaras tidak hanya suami yang berperan aktif untuk memenuhi semua kewajiban sebagai suami, begitupun dengan istri. Rumah tangga yang selaras terlampau terpengaruh oleh akhlak dan juga bagaimana istri memenuhi kewajibannya.

Beberapa adab dan  akhlak istri yang kudu dijalankan oleh wanita yaitu hendaklah diam dirumah, kecuali Anda mempunyai suami yang mampu memenuhi semua kebutuhan perekonomian keluarga alangkah lebih baiknya sebagai istri diam dirumah hal tersebut tercantum dalam surat Al-Ahzab ayat 33.

Selain itu sebagai istri hendaknya kita mengutamakan berbagai tugas rumah tangga dan saat berada di depan suami langsung berdandan lah sehingga suami terasa suka kala lihat kita.

Sikap lainnya yaitu jagalah kehormatan suami dan jangan sampai bersikap menjengkelkan di depan suami kecuali Anda sedang dalam kondisi tidak mood dan tidak inginkan bersua suami maka jangan sampai menghindarinya.

Untuk meraih rumah tangga yang selaras Anda  kudu  memberi tambahan perhatian pada rumah tangga dan mendahulukan hak suami. Ada banyak sekali keutamaan istri melayani suami.

3. Memahami hakikat dan target pernikahan

Tips ketiga sehingga rumah tangga yang selaras yaitu jelas hakikat dan  target pernikahan dalam Islam. Dengan jelas target pernikahan maka bakal keluar sikap saling menghormati dan menyayangi.

Adapun target berasal dari pernikahan diantaranya yaitu memenuhi tuntutan naluri manusia, beribadah kepada Allah SWT, meraih keturunan, membentengi akhlak, dll.

Dengan jelas target pernikahan dan makna pernikahan dalam Islam maka kita bakal menjalani kehidupan rumah tangga untuk memenuhi target berasal dari pernikahan tersebut dengan begitu rumah tangga bakal harmonis.

4. Menerapkan sikap saling terbuka

Sikap saling terbuka atau mushorohah merupakan sikap yang terlampau perlu dalam membangun tempat tinggal tangga yang harmonis. Dimana yang di mulanya haram bakal jadi halal saat udah lakukan pernikahan contohnya seperti halal dalam bersentuhan.

Dengan menumbuhkan sikap saling terbuka maka bakal membuat munculnya rasa saling yakin pada istri dan suami. Dengan begitu maka suami ataupun istri bakal jelas kepribadian, kesenangan, rutinitas dan juga hal yang tidak disukai oleh istri ataupun suami.

5. Mendekatkan diri kepada Allah

Untuk membangun tempat tinggal tangga yang cocok tidak hanya berfokus dalam sikap pada pasangan kita bakal namun dengan mendekatkan diri kepada Allah pun bakal terlampau mempengaruhi.

Dengan mendekatkan diri kepada Allah maka bakal memperteguh hati dengan begitu hati bakal jadi tenteram.

Untuk mendekatkan diri kepada Allah kita mampu lakukan ibadah seperti puasa, tilawah, berdoa, infaq dan shalat sunnah. Jika kita tidak dekat dengan Allah maka bakal terlampau susah untuk membangun tempat tinggal tangga yang harmonis.

6. Mempunyai komunikasi yang baik

Tips yang keenam yaitu komunikasi  yang baik. Komunikasi merupakan satu hal yang mampu pengaruhi cocok nya suatu tempat tinggal tangga karena dengan salah komunikasi bakal keluar kesalahpahaman yang nantinya membuat terdapatnya pertengkaran.

Ketika suami repot bekerja jangan sampai lupa untuk berkomunikasi dengan istri selamanya jaga komunikasi dan memberi tambahan rasa perhatian melalui komunikasi. Di era moderen ini udah banyak berkembang aplikasi untuk mempermudah kita berkomunikasi mirip sekali dalam jarak jauh.

7. Harus saling menghormati istri dan suami

Sikap saling menghormati udah semestinya dimiliki oleh pasangan suami istri. Tentunya pada suami dan istri pasti mempunyai perbedaan sehingga kecuali tidak mampu saling menghormati nantinya bakal membuat terjadinya sebuah konflik.

Dengan begitu sikap saling menghormati terlampau perlu bagi kehidupan tempat tinggal tangga yang harmonis. Selain sikap saling menghormati untuk membangun tempat tinggal tangga yang cocok pun kudu saling memaafkan.

8. Meluangkan pas untuk keluarga

Kunci utama berasal dari harmonisnya suatu keluarga yaitu terdapatnya pas luang untuk memakai pas bersama. Terkadang saat suami repot bekerja seringkali meninggalkan pas kebersamaan keluarga dirumah. Waktu merupakan hal yang terlampau miliki nilai dan tak ternilai kecuali dibandingkan dengan duwit sekalipun.

Untuk apa Anda bersusah-susah mengumpulkan duwit kecuali tidak mempunyai pas untuk kumpul dengan keluarga. Oleh karena itu luangkan pas untuk keluarga, walau hanya sebentar namun hal itu terlampau berkesan dan bakal membuat tempat tinggal tangga jadi harmonis.

9. Ucapkan kata cinta kepada pasangan kita

Tips tempat tinggal tangga cocok yang ke sembilan yaitu ucapkan kata cinta dan juga sayang kepada pasangan kita. Hal ini memang keluar terlampau simpel bakal namun kecuali umur pernikahan udah lama sering kadang suami ataupun istri udah jarang mengucapkan kata cinta dan juga sayang. Oleh karena itu sering-seringlah mengucapkan kata-kata sayang ataupun cinta kepada pasangan.

10. Jangan tinggalkan shalat 5 waktu

Shalat merupakan kewajiban umat muslim yang tidak boleh ditinggalkan. Ada banyak sekali keutamaan berasal dari shalat juga untuk membangun tempat tinggal tangga yang harmonis. Sebagai suami haruslah mengajak dan mengingatkan istri maupun anak untuk lakukan shalat lima waktu.

Dengan shalat maka trick mampu mendekatkan diri kepada Allah dengan begitu hati pun bakal jadi lebih tentram. Shalat merupakan salah satu cara mediasi manusia kepada Allah, semua keluh kesah mampu diadukan sesudah shalat melalui doa.

Oleh karena itu sebagai suami jangan sampai meninggalkan shalat lima pas dan pastikan untuk menasehati istri dan anak sehingga tidak meninggalkan shalat.

Kebahagiaan itu terlampau simpel di awali berasal dari kebahagiaan dalam tempat tinggal tangga. Oleh karena itu berusahalah untuk membangun tempat tinggal tangga yang harmonis. 

Sekian pembahasan berkenaan 10 tips tempat tinggal tangga cocok dalam Islam. Semoga artikel ini berguna baik bagi yang udah menikah maupun yang bakal menikah sehingga terciptanya tempat tinggal tangga yang harmonis.