Sebagian hal yang terpenting dalam sebuah hubungan adalah setia. Tanpa kesetiaan maka sama saja seperti selingkuh. Walau tidak saat itu juga, suatu saat dia pasti akan selingkuh.

Tulisan ini diperuntukkan untuk suami istri yah. Karena penulis tidak pernah setuju untuk hubungan bernafsu yang sangat populer di kalangan remaja yaitu pacaran.

Nah, dalam hubungan rumah tangga, banyak yang mungkin terjadi. Tak hanya konflik kecil-kecilan saja, bahkan mungkin kekerasan. Namun seharusnya hal-hal seperti ini tidak terjadi. Yah, tentu saja karena awalnya bukankah pernikahan itu terbina atas cinta?

Ada banyak hal yang mempengaruhi berkurangnya cinta. Namun ingatlah, seseorang yang benar-benar cinta tidak akan mudah terpengaruh.

Jangan lupa, cinta sejati itu ada. Bahkan walau jarang ditemukan, cinta sejati itu tetap ada.

Lalu, bagaimana tanda-tanda cinta sejati tersebut? Kamu dapat menemukan seseorang yang benar-benar mencintaimu dengan mudah sebenarnya. Karena tanda cinta itu tak dapat disembunyikan. Mau tau apa saja, yuk simak kelanjutannya. 

1. Doa Dalam Diam

Cinta yang hebat hanya satu, yaitu cinta yang diam-diam melangitkan doa. Doa dalam diam itu spesial, dan lebih berharga daripada doa terang-terangan atau doa yang diawali dari permintaan orang yang didoakan. Karena doa dalam diam itu muncul dari ketulusan yang dalam, bahkan ada yang membungkus doa dalam diam tersebut dengan air mata.

Mungkin tanda ini sulit terlihat yah. Dan juga sulit ditemukan sekarang ini, tapi yakinlah, disudut yang entah dimana itu, banyak yang menaruh kagum kepadamu. Banyak yang mencintaimu dengan sebenarnya. 

Bagi kalian yang masih jomblo, tentukan pilihan yang baik yah biar gak salah pilih. Kamu bisa melakukan shalat istikharah, untuk memantapkan pilihanmu tersebut. Berusahalah...

2. Tulus

"Anak muda, jika cinta kita sungguh tulus dan suci, maka kita akan mati-matian melindungi orang yang kita cintai dari perbuatan merusak, melanggar kaidah agama, dan nilai-nilai kepantasan. Bukan malah jadi (maaf) hamil sebelum menikah. "Cinta" itu bukan argumen pembenaran. Memangnya kalau cinta jadi bebas semau kita? Itu sih korslet.: Tere Liye

Ketulusan, seperti apa itu? Yah itulah sebuah pengorbanan tanpa peduli apakah ia akan terluka atau menjadi sakit. Itu adalah sebuah pemberian tanpa pernah mengharapkan balasan. Yang terpenting bagi seseorang yang tulus untuk mu adalah bahwa ia hanya memperthatikan kebahagiaanmu saja, tidak kebahagiaannya.

Lalu, jika menyimak cinta para remaja yang katanya benar-benar cinta tulus untukmu, apakah secara langsung dapat dikatakan bahwa itu cinta yang tulus? Tidak secepat itu.

Coba simak kembali apa yang dikatakan Bang Tere Liye. Cinta yang tulus itu mengutamakan perlindungan kepada yang kita cintai, bukan malah merusaknya. Ingat ini baik-baik ya.

3. Menciptakan Ketenangan dan Kenyamanan

Seorang yang bernar mencintaimu dia tidak akan melukaimu di dalam kemarahannya dan akan memuliakanmu karena rasa cintanya. 

Segala tentangnya adalah kenyamanan dan ketenangan. Bersama dia bagaikan ditemani angin sejuk yang damai. Hangat seperti mentari dan lembut bagaikan rembulan.

Keadaaan seperti itu dapat kita temukan pada orang-orang yang baik hati dan akhlaknya. Karena hanya hati yang baik yang dapat memunculkan kedamaain dikala kita bersama dengannya. 

Karena itu, seseorang seperti ini tak jauh-jauh tuk ditemukan. Dia adalah seorang yang sholeh ataupun sholeha. Yang taat menjalani perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Karena mereka yang sudah dekat dengan Allah akan selalu dapat kita rasakan ketenangan kala duduk bersamanya. Dan selalu dapat kita rasakan kerinduan ketika sedikit saja jauh darinya.

4. Pengertian

Apapun masalahmu dia selalu mau memahaminya. Mengerti dengan keadaan dan tahu bagaimana caranya bersikap dan menyelesaikan masalah. 

Orang yang egois pasti akan selalu mementingkan dirinya sendiri. Yang berarti dia akan mudah meninggalkanmu kalau itu dapat merugikan dirinya.

Mereka yang egois tidak akan mau bekorban untuk mu, sedikit ataupun besar. Kecuali bahwa dibalik sesuatu yang diberikan untukmu ada keuntungan bagi dirinya sendiri. Itulah kepalsuan yang seringkali terjadi sekarang. Dimana para wanita hanya dimanfaatkan oleh lelaki buaya darat demi nafsunya semata. 

Namun, seorang yang pengertian dan mau memahami kamu, insyaAllah dapat dikenali sebagai sosok yang sempurna untukmu, gak boleh disia-siakan. Ketahuilah, sulit sekali mendapati seseorang yang benar-benar mengerti kita. 

Dengan sebuah pengertian dari seseorang, ketahuilah bahwa semua sakit mu akan mudah terobati. Dengan penawar obat yang tepat dan tidak salah sasaran sehingga dijamin kesembuhannya, insyaAllah. Hal itu hanya dapat dilakukan oleh seseorang yang benar-benar mengenal dan memahami kamu seutuhnya.

5. Pemaaf

Mereka yang mudah memaafkan dan bahkan mampu melupakan semua kesalahan kita adalah orang yang hebat. Tak terkecuali pasanganmu yang pandai mereda emosinya walaupun sedang marah.

Jangan remehkan banyak masalah kecil dalam rumah tangga. Itu adalah langkah awal untuk masalah yang besar. Masalah kecil yang tak pernah diselesaikan apalagi malah sering terulang, hanya akan membuat perasaan pasanganmu tersakiti, lebih dalam dan dalam.

Lama-lama pasanganmu akan menyerah. Memilih dengan terpaksa dan berat untuk meninggalkanmu selamanya.

Namun, apa boleh buat. Tak ada yang mempunyai sifat sempurna. Pasti ada saja sebuah kesalahan.

Yang terpenting, cobalah untuk meminta maaf. Akui itu salah. Dan berjanji untuk memperbaikinya serta takkan mengulanginya kembali.

Pasanganmu pasti akan memaafkan kamu. Kecuali memang dia tidak lagi cinta, gak lagi sayang, maka masalah kecil jangankan terselesaikan malah menjadi masalah besar.

Pasangan kamu itu pasti bakal nyari-nyari kesalahanmu kalau ia sudah gak sayang. Bukan malah mencoba memahami kesalahan itu, memberi nasehat untuk berubah atau memaafkannya, itu takkan terjadi.

Nah, itulah diantara sebagian tanda yang dapat kita kenali bahwa seseorang itu benar-benar sayang kepadamu. Semoga kita dapat menemukan cinta sejati dan memperoleh payung di padang mahsyar atas cinta karena Allah tersebut.