Banyak sekali adab-adab dalam kehidupan ini yang seandainya kita praktekkan sesuai ajaran islam maka akan sangat bermanfaat untuk kesehatan jasmani dan rohani seseorang.

Akhlak yang baik selalu melahirkan sesuatu yang baik. Tak hanya untuk dirinya sendiri melainkan buah kebaikan dari akhlak dan adab akan berpengaruh kepada orang lain pula.

Ada banyak adab-adab yang perlu kita perhatikan dalam kehidupan sehari-hari, seperti adab makan dan minum. Kita disunahkan untuk membaca doa. 

Rasulullah telah menjadi pedoman dan teladan kita dalam segala aspek kehidupan. Termasuk cara Rasulullah makan dan minum, kita dapat mengambil banyak manfaat dengan mempraktekkannya. Selain dapat pahala karena mengikuti sunnah Nabi juga akan mendapatkan kesehatan tubuh. 

Kami kutip dari guru kami, bahwa ada cara khusus untuk minum air ala Rasulullah. Dan khususnya, dengan mempraktekkan cara minum Rasulullah di bawah ini dapat mencegah kita dari melakukan maksiat. Ini merupakan manfaat yang kembali kepada kesehatan rohani kita. Tentu saja, dengan mempraktekkan cara minum Rasulullah ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

ﺇﻧَّﻚ ﺍﺫﺍ ﻣﺎ ﺍﻗﺒﻠﺖَ ﻋﻠﻰ ﺷَﺮﺑَﺔِ ﻣَﺎﺀ , ﻓﻘَﺴِّﻤْﻪُ ﺍَﺛﻼَﺛًﺎ

Sesungguhnya jika engkau saat akan meneguk air minum dalam keadaan duduk, maka bagilah dengan tiga kali tegukan.


ﺇﺷْﺮَﺏْ ﺃﻭّﻝَ ﺟَُﺮﻋَﺔٍ ﻭﻗُﻞْ ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠَّﻪ، ﻭﺍﺷْﺮَﺑْﻬَﺎ ! ﺛﻢَّ ﺍﻧْﺘَﻪِ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺠﺮﻋﺔ ﻭ ﻗُﻞ ﺍﻟﺤَﻤﺪُ ﻟِﻠّٰﻪ

Minumlah pada tegukan pertama dan ucapkan Bismillah lalu minumlah!, kemudian setelah selesai ucapkanlah Alhamdulillah.


ﻭﺍﻗﺘَﺪِ ﺍﻟﻰَ ﺍﻟﺠُﺮﻋَﺔ ﺍﻟﺜَّﺎﻧِﻴَﺔ ﻭﻗﻞ ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ، ﻭﺍﻧْﺘَﻪِ ﻣﻨﻬﺎ ﻭﻗﻞ ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ

Lalu ikuti pada tegukan selanjutnya dan ucapkan Bismillah, dan bila telah selesai dari tegukan kedua ini ucapkan kembali Alhamdulillah.


ﺛﻢ ﺍﺧْﺘِﻢْ ﺑﺎﻟﺜّﺎﻟﺜَﺔ ﻭ ﻗﻞ ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﻭ ﺍﺧﺘِﻤﻬَﺎ ﺑﻘﻮﻟِﻚَ ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ

ًKemudian akhiri pada tegukan yang terakhir dan ucapkan Bismillah, lalu setelah kau minum ucapkan Alhamdulillah.


ﺇِﺫَﺍ ﺃَﺧَﺬْﺕَ ﺷَﺮْﺑَﺔَ ﻣَﺎﺀٍ ﺑﻬٰﺬِﻩِ ﺍﻟﻄَّﺮِﻳﻘَﺔ ﺍﻟّﺘِﻲ ﻧُﻘِﻠَﺖْ ﻋَﻦْ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪِ ﻭَ ﺳﻠَّﻢ .. ﻃَﺎﻟَﻤَﺎ ﻛَﺎﻥَ ﻓِﻲ ﺟَﻮﻓِﻚَ ﺫٰﻟﻚَ ﺍﻟﻤَﺎﺀ ﻓَﻠﻢْ ﺗﺤﺪّﺛﻚَ ﺫَﺭّﺓ ﺑﻤَﻌْﺼِﻴَﺔِ ﺍﻟﻠﻪ

Jika engkau mempraktekkan saat meminum air dengan cara seperti ini (yang dinukilkan dari cara Rasulullah shollallohu 'alaihi wa alihi wa shohbihi wa sallam), ketahuilah selama air itu ada dalam perutmu (belum jadi keringat dan air seni) maka tak akan terjadi di tubuhmu untuk ada keinginan melakukan maksiat walau hanya sebesar biji dzarroh di hadapan Allah.

Sebagai tambahan, minumlah air saat sedang duduk, jangan ketika berdiri. Karena meminum air sambil berdiri dapat menimbulkan penyakit.

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda, "Janganlah kalian minum sambil berdiri. Barang siapa lupa sehingga minum sambil berdiri, maka hendaklah ia berusaha untuk memuntahkannya.” (HR. Ahmad).

Terakhir, jangan lupa makan dan minum mu diniatkan untuk ibadah. Walau makan minum termasuk kedalam hal yang mudah, apabila diniatkan kepada ibadah seperti agar kuat untuk melakukan shalat, maka makan dan minum pun akan menjadi ibadah.

Karena sesuatu yang diniatkan kepada ibadah maka sesuatu tersebut pun menjadi ibadah.

*Dikutip dari Pengajian Halaqah Ilmu Agama